3 Wisata Gua tereksis di sepanjang 2016

Sebuah gua biasanya identik dengan gelap dan hawa lembab serta mengundang suasana mistis. Namun ada Gua yang tereksis mempunyai perbedaan dari Gua lainnya.

1. Menyusuri Kegelapan Abadi Terindah di Gua Jomblang

gua 1

Gua ini memiliki hutan purba dengan banyak sungai bawah tanah yang mengalir. Hutan purba ini terbentuk akibat amblesnya tanah beserta tumbuhan yang ada di atas ke dasar bumi ribuan tahun lalu, dalam keilmuan gua (speleologi) disebut ‘collapse doline’.

2. Menelisik Surga Tersembunyi Terindah Se-Asia Tenggara di Gua Gong

gua 2

Pesona Gua Gong yang terdapat di Pacitan ini mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Dengan menawarkan keindahan dari stalagtit dan stalagmitnya serta beragam keunikan yang dimilikinya lah yang menjadikan Gua Gong menjadi gua terindah se-Asia Tenggara.

Stalaktit dan stalagmit yang ada di dalam gua ini telah berumur ratusan tahun yang terbentuk dari aktivitas vulkanik. Selain stalagtit dan stalagmit yang menjadi pesona dari dalam gua, banyak panorama menakjubkan lain yang bisa kamu dapatkan di tempat ini.

3. Menemukan 100 Air Terjun di Gua Barat

Angin kencang yang berhembus di mulut gua menghipnotis para petualang untuk menjelajahi Gua Barat di Kota Kebumen. Dalam bahasa jawa, angin kencang ini disebut angin barat. Namun pesona Gua Barat tak hanya soal angin.

Masyarakat menyebut Gua Barat sebagai gua dengan 100 air terjun. Hal tersebut karena banyaknya air terjun di dalam gua. Air terjun tersebut memiliki ketinggian yang berbeda antara 0,5-10 meter, bahkan air yang setinggi 32 meter.

Keindahan Gua Barat tidak hanya karena keberadaan air terjunnya semata, tetapi juga stalagtit dan stalagmit yang sungguh memukau. Di salah satu ruang di dalam gua ini terdapat pula tanah yang terbentuk secara alami menjadi petak-petak layaknya sawah.

Sumber:
http://kesiniaja.com/wisata-indonesia/3-wisata-goa-tereksis-di-sepanjang-2016/