3 Tips untuk yang Baru Pertama Pergi ke Kei, biar Liburan Nyaman

Banyak orang ingin ke Kei, tapi masih meraba-raba bagaimana keadaan alam di sana. Beberapa bahkan masih meresahkan soal transportasi menuju kepulauan di Maluku Tenggara itu. Bila kamu ingin ke Kei, mungkin sebaiknya memperhatikan beberapa informasi dasar berikut ini.

Belum ada penerbangan langsung ke Kei dari Jakarta

Saat ini, belum tersedia penerbangan langsung ke Kei dari Jakarta atau kota lain, seperti Denpasar. Jadi harus melalui beberapa rute transit. Pilihannya ialah transit di Ambon atau Makassar.

Hindari musim barat

Di wilayah kepulauan, apalagi timur Nusantara, masyarakatnya mengenal dua musim, yakni musim barat dan musim timur. Bila ingin ke Kei, sebaiknya hindarilah musim barat. Sebab, pada musim ini, cuaca terhitung sangat buruk. Hujan angin bisa datang kapan pun dan liburanmu jadi tidak nikmat. Kamu pun tak bisa mengeksplorasi pulau-pulau kecil.

Ke pulau kecil harus menyewa speed boat

Sama seperti liburan di Labuan Bajo, di Kei, kamu harus menyewa speedboat untuk hopping island. Harga per speed boat kira-kira Rp 700 ribu hingga Rp 5 juta per hari. Maka dari itu, lebih baik datang ramai-ramai untuk menghemat bujet. Pilihan lainnya, kamu bisa sharing cost dengan wisatawan lain.

image

Selain hal diatas, juga perlu diketahui disana Cuma ada sinyal Telkomsel. Di Kei, tak semua tempat terjangkau sinyal. Bila ke sini, kamu benar-benar merasakan back to nature. Gak mikir lagi yang namanya buka Instagram, Facebook, atau media sosial lainnya. Sebab, sinyal cukup sulit. Apalagi di pedesaan atau pulau-pulau. Jaringan bisa ditangkap baik di wilayah kota. Namun, hanya provider Telkomsel yang dapat menangkap sinyal.