3 Tips Traveling Seru bareng Lansia, Tetap Nyaman dan Menyenangkan!

Merencanakan liburan lintas generasi adalah salah satu cara untuk mengakbrabkan seluruh anggota keluarga. Kita sudah sering pergi dengan sahabat atau teman satu komunitas. Sayangnya, kita sering lupa kalau orang tua atau kakek-nenek kita yang sudah berusia lanjut juga pengin diajak jalan-jalan.

Jangan salah, banyak destinasi yang bisa kita kunjungi. Bisa ke daerah yang lebih tinggi, pantai, perkebunan, mengunjungi saudara di desa, atau sekedar makan santai di warung lesehan.

Berlibur bersama orang usia lanjut tidak selalu membosankan seperti yang kebanyakan orang bayangkan. Liburan bisa tetap seru jika kita mengetahui kondisi dan kebutuhan mereka. Ini yang harus diperhatikan kalau ingin ajak mereka jalan-jalan ya.

Perhatikan prakiraan cuaca, karena cuaca yang tidak kondusif sangat mempengaruhi mood

Lebih baik pergi saat musim panas. Jika terlalu terik, carilah tempat istirahat yang teduh. Jangan lupa persiapkan jas hujan, payung, baju hangat, dan baju ganti untuk berjaga-jaga jika hujan turun tiba-tiba.

Menggunakan alat transportasi yang nyaman

Sesuaikan dengan kondisi kesehatan. Semakin cepat sampai, semakin lebih baik. Kalau ke luar kota, sebaiknya naik pesawat atau kereta. Lalu, menyewa mobil di destinasi tujuan. Tapi, tanyakan dulu kepada orang tua atau kakek-nenekmu ya, jangan dipaksa naik pesawat jika mereka enggan.

Sebaiknya tanyakan dahulu mereka ingin pergi ke mana

Kebanyakan orang berusia lanjut lebih nyaman tinggal di rumah. Sehingga, memaksa mereka pergi ke tempat yang tidak mereka suka akan membuat perjalanan tidak menyenangkan dan banyak mengomel. Jadi, sesuaikan mereka ingin pergi ke mana ya.

Kalau saya menyarankan Hindari tempat wisata viral di media sosial. Tempat wisata yang sedang viral di media sosial memang terlihat keren. Tapi pasti sangat ramai pengunjung. Akan sangat melelahkan kalau mereka pergi ke tempat seperti itu.

Selain kesulitan cari tempat istirahat, biasanya toilet juga mengantre panjang dan kurang bersih. Wisata alam di tempat luas dan terbuka akan jauh lebih nyaman. Kita bisa duduk piknik menggelar tikar atau membawa kursi santai.