3 Fakta tentang Berlin Holocaust Jerman yang Bikin Syahrini Dihujat

Berlin Holocaust atau Holocaust Memorial termasuk dark tourism

image

Berlin Holocaust salah satu jenis wisata yang tergolong dark tourism. Artinya wisata di tempat terjadinya suatu tragedi, misalnya bekas penjara penyiksaan, lokasi perang, dan lain sebagainya.

Berlin Holocaust sendiri menyimpan kejadian kelam di masa perang. Holocaust ini dibuat untuk memperingati pembantaian tidak manusiawi yang dilakukan oleh Nazi terhadap kaum Yahudi. Karena lokasinya untuk mengenang suatu kejadian bersejarah di masa lalu, sebaiknya menjaga sopan santun saat mengunjungi lokasi tersebut.

Terletak di antara dua landmark terbaik di Jerman

Berlin Holocaust sengaja di bangun di dekat gedung DPR Jerman di atas lahan seluas 19 ribu meter persegi. Berlin Holocaust juga terletak persis di tengah landmark penting, yaitu gerbang Brandenburg dan bunker pembunuhan tragis Hitler.

Didesain oleh arsitek terkenal Peter Eisenman

Proyek yang mulai dirancang sejak 1993 ini baru selesai dibangun pada 2005 silam. Nama besar yang berada di balik konsep Berlin Holocaust adalah artistek terkenal Peter Eisenman. Selain itu, terdapat juga karya seniman Richard Seirra dan Dagmar von Wilken yang mendesain pusat informasi.

Memiliki pusat informasi bawah tanah, Keberadaan pusat informasi sempat menjadi kontroversi, karena Peter Eisenman menolak untuk merancangnya. Namun akhirnya, pusat informasi yang dirancang berada di bawah tanah ini dirancang oleh Dagmar von Wilken.

Pusat informasi akan menampilkan kondisi kehidupan masyarakat Jerman saat Adolf Hitler berkuasa. Perjuangan masyarakat Jerman disuguhkan dengan menarik dan akan sangat menambah wawasan para wisatawan.