11 Warna Urine dan Artinya pada Kesehatan

Urine yang memiliki warna berbeda ini tentu punya arti. Tahukah Anda warna-warna tersebut menunjukkan kesehatan Anda?

Ya, setiap warna dari urine bisa memberikan sejumlah informasi tentang kesehatan Anda. Pada tingkat dasar misalnya, ia bisa memberitahu seberapa terhidrasinya tubuh.

Meski hidrasi tubuh juga bisa ditunjukkan dari rasa haus, kondisi urine juga menjadi petunjuk terbaik.

Berikut Arti Warna dari Urine

1. Bening/Transparan
image
Warna urine yang transparan memiliki arti baik. Ini artinya tubuh terhidrasi lebih dari cukup.

2. Kuning Pucat
image
Jika warna urine adalah kuning pucat artinya sehat. Ini juga berarti tubuh terhidrasi dengan baik.

3. Kuning
image
Warna urine kuning merupakan warna yang normal. Ini juga menunjukkan bahwa tubuh cukup terhidrasi.

4. Kuning Tua
image
Warna ini menunjukkan bahwa tubuh baik-baik saja. Tapi, mungkin perlu menambah asupan air karena ini berarti tubuh sudah dalam ambang batas terhidrasi.

5. Kecokelatan atau Warna seperti madu
image
Warna kecokelatan pada urine menunjukkan mengalami dehidrasi. Artinya, perlu minum banyak air untuk mengatasinya.

6. Cokelat
image
Warna urine yang cokelat pekat memiliki arti kurang baik. Itu karena warna ini bisa menunjukkan adanya penyakit hati (liver) atau dehidrasi. Untuk mengatasi hal tersebut, bisa meminum lebih banyak air. Jika setelah minum banyak air warna urine tidak berubah, maka bisa segera memeriksakan diri ke dokter.

7. Oranye
image
Warna oranye pada urine menunjukkan bahwa sedang dehidrasi atau mengalami masalah liver atau saluran empedu. Selain itu, warna ini juga bisa disebabkan oleh pewarna makanan yang dikonsumsi. Jika mengalami warna urine seperti ini, perlu mengingat kembali makanan apa yang menyebabkan warna tersebut. Tapi jika tidak memakan makanan berpewarna, segera temuilah dokter untuk memriksakan diri.

8. Biru atau hijau
image
Warna urin biru atau hijau kebanyakan disebabkan oleh pewarna makanan. Tapi jangan sepelekan, ini juga bisa berarti beberapa hal. Misalnya, efek dari obat-obatan, infeksi bakteri, atau penyakik genetik yang langka. Untuk memastikannya, segera temui dokter.

9. Pink atau kemerahan
image
Jika sebelumnya mengonsumsi buah bit, blueberry, atau makanan berpewarna merah, tak perlu khawatir. Namun, jika tidak, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter, karena warna kemerahan dalam urine bisa menunjukkan adanya infeksi, darah, masalah prostat, atau penyakit ginjal.

10. Berbusa atau berbuih
image
Bagi yang mengalami urine berbusa atau berbuih, mungkin ada masalah pada ginjal atau hanya kelebihan protein. Meski begitu, jika hal ini terjadi terus-menerus, sebaiknya segera temui dokter.

11. Warna ungu atau warna yang lainnya.
image
Meski mungkin aneh, tak perlu takut dengan warna-warna ini. Bisa jadi itu hanya karena pewarna makanan, obat-obatan, atau obat kemoterapi. Namun jika Anda tidak yakin apa penyebabnya, membuat temu janji dengan dokter bisa menjadi pilihan.

Sumber : 11 Warna Urine dan Artinya pada Kesehatan Anda