10 Peluang dan Prospek Kerja Para Lulusan Teknik Material dan Metalurgi

Kamu ingin masuk jurusan teknik metalurgi tapi bingung dengan pilihan karir setelah lulus nanti? Berikut adalah informasi mengenai 10 peluang atau prospek kerja teknik metalurgi:

  1. Perusahaan Peralatan Olahraga
    Terkesan melenceng dari jalur tapi memang ilmu yang Kamu miliki dari proses perkuliahan di jurusan teknik metalurgi akan sangat berguna untuk industri ini. Teknologi yang dibutuhkan untuk membuat peralatan olahraga sama majunya dengan teknologi di bidang elektronik.

  2. Perusahaan Minyak Dan Tambang
    Mayoritas lulusan teknik metalurgi menginginkan berkarir di industri minyak dan gas. Walaupun Kamu akan ditempatkan di posisi field engineer yang terjun langsung ke lokasi pertambangan, tapi Kamu tidak perlu khawatir karena gaji yang ditawarkan sebanding dengan tugas yang Kamu jalani. images (3)

  3. Perusahaan Otomotif
    Kamu juga bisa berkarir di perusahaan otomotif setelah lulus dari jurusan teknik metalurgi. Lulusan teknik metalurgi dibutuhkan untuk membuat komponen sparepart dengan kualitas yang baik.

  4. Bidang Medis
    Kalau Kamu mencintai dunia medis, Kamu yag lulusan teknik metalurgi juga bisa bekerja di bidang ini. bukan menjadi dokter atau perawat, tapi Kamu menjadi pembuat peralatan di dunia medis, termasuk peralatan medis yang dimasukkan ke tubuh seseorang.

  5. Industri Baja
    Prospek kerja teknik metalurgi selanjutnya adalah di industri baja. Tingginya permintaan pasar terhadap baja menjadikan industri ini berkembang secara pesat dan membutuhkan para lulusan teknik metalurgi yang ahli di bidangnya.
    images (4)

  6. Perusahaan Elektronika Dan Komputer.
    Perusahaan elektronika dan komputer bisa menjadi pilihan prospek kerja teknik metalurgi yang bagus. Kamu akan merancang material yang baik digunakan untuk sebuah peralatan elektronik.

  7. Industri Semen
    Pabrik semen juga bisa menjadi tempat yang pas untuk Kamu meniti karir setelah lulus dari perkuliahan teknik metalurgi.

  8. Perusahaan Manufaktur
    Lulusan teknik metalurgi juga bisa berkarir di perusahaan manufaktur dengan bahan baku baja atau logam, seperti PT. Dirgantara Indonesia dan PT. Pindad. Kamu akan ditempatkan di bagian produksi atau engineering.

  9. Instansi Pemerintah
    Kamu yang ingin menjadi PNS juga bisa. Lulusan teknik metalurgi cocok menempati pos yang ada di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan Kementerian Perindustrian.

  10. Wirausaha
    Lulusan teknik metalurgi juga bisa menjadi seorang wirausaha. Contoh usaha yang bisa Kamu kembangkan adalah usaha pemrosesan bijih tambang menjadi bahan baku.

Itulah prospek dan peluang kerja dari lulusan teknik Material dan Metalurgi di Indonesia. Jika kamu mendapatkan peluang atau prospek kerja lain tentang Material dan Metalurgi, silahkan Reply dibawah ini yaaa

Sumber:

Mau bertanya, apakah bidang material dan metalurgi memiliki hubungan dengan bidang energi (energi terbarukan)? Lalu bagaimana dengan lulusannya, apakah memiliki peluang pada bidang energi seperti pembangkit?
terima kasih

apakah ada kaitan metalurgi dengan bidang kedokteran seperti dalam bidang bioteknologi dll? karena saya ingin melihat apakah ada kaitannya dengan kesehatan