Bagaimana Cara Merawat Iguana Di Rumah Agar Jinak?

iguana

Bagaimana Cara Merawat Iguana Di Rumah Agar Jinak?


Binatang tropis yang berasal dari benua Amerika ini memiliki banyak keunikan dan mungkin kita semua belum mengetahuinya beberapa tahun yang lalu. Hewan yang satu ini sempat terkenal dan menjadi hewan yang sangat banyak diminati oleh para pecinta binatang, bahkan sampai saat inipun peminatnya masih sangat banyak sekali.

Karena memang tubuh spesies iguana memang terlihat menawan dan elegan. Dengan ciri ciri kerut kulit yang berada di bawah rahang dan memiliki sisik besar yang berbentuk bundar di pipinya. Dengan memiliki warna yang cukup unik, iguana dapat merespon rangsangan visual berupa warna kuning, jingga, merah muda, hijau dan biru.

Iguana merupakan salah satu jenis hewan yang termasuk dalam golongan reptil dan masuk kedalam kelas kadal. Hewan dengan jenis ini sangat banyak di temukan di wilayah Amerika bagian tengah dan Amerika bagian selatan. Iguana sendiri terbagi menjadi beberapa jenis yaitu Iguana Hijau dan Iguana Antilles Kecil.

Untuk memelihara hewan hias yang satu ini, tentu kalian harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana Cara Merawat Iguana agar jinak dan dengan cara sangat mudah. Sebelum memutuskan untuk memelihara iguana, pastikan agar memilih iguana dengan keadaan yang sehat. Disarankan agar tidak membeli iguana atau hewan peliharaan secara online. Karena sebagai calon pembeli, tentu kita harus melihat dan memastikan kondisi hewan tersebut dalam keadaan sehat dan tidak cacat. Berikut adalah cara cara merawat hewan iguana yang baik dan benar.

3 Likes
  1. Identifikasi Ketika Iguana Anda Terasa Terancam
    Iguana memiliki gigi yang tajam dan menggigit, dan mereka mungkin mencoba mencambuk Anda dengan ekornya yang sangat kuat (dan duri punggung di sepanjang ekornya sangat tajam). Mereka memiliki cakar yang tajam, jadi setidaknya beberapa kali bisa terkena goresan saat pertama kali memegang iguana. Sebaiknya Anda juga mengenal bahasa tubuh dan perilakunya sehingga Anda bisa membaca tanda-tanda peringatan.

  2. Bersabar
    Berikan iguana baru beberapa minggu untuk menetap sebelum memulai proses penjinakan. Tetapkan rutinitas untuk memberi makan, membersihkan, dan menanganinya β€” rutinitas harian yang dapat diprediksi akan memberikan rasa aman bagi iguana.

  3. Bicaralah dengan Iguana Anda
    Bicaralah dengan iguana saat Anda melakukan tugas rutin, dan simpan iguana di tempat dimana ia dapat mengamati Anda melakukan rutinitas Anda. Ini akan membantu membuatnya terbiasa dengan kehadiran Anda. Habiskan waktu menonton dan berbicara dengan iguana. Gunakan namanya karena iguana cenderung mengenali nama mereka.

  4. Tunjukkan Iguana bahwa Anda bertanggung jawab
    Menjinakkan adalah keseimbangan antara tidak mendorong terlalu keras dan menunjukkan iguana yang bertanggung jawab. Anda harus tegas dan gigih tanpa sepenuhnya menekan iguana. Pada saat yang sama, jika iguana agresif dan Anda segera mundur atau meletakkannya, iguana Anda mengira telah β€œmenang” dan berpikir bahwa ketika iguana agresif, ia akan mendapatkan hasilnya. Ini mungkin lebih mudah diucapkan daripada dilakukan ketika seekor iguana menggaruk Anda, mencoba menggigit, atau memukul Anda dengan ekornya, tetapi cobalah untuk memperjelas bahwa Anda membuat keputusan dan bertanggung jawab atas interaksi.

  5. Dekati dan Pegang Iguana Anda dengan Lembut
    Letakkan tangan Anda di dalam kandang dan dekati iguana. Lakukan ini dari samping daripada dari atas, yang kemungkinan akan dianggap iguana sebagai ancaman. Jika iguana membuat postur agresif atau berebut panik, mundurlah sedikit tetapi tetap berusaha, sambil berbicara dengan suara lembut yang lembut. Pastikan gerakan lambat dan halus. Jika Anda segera berhenti berusaha, iguana berpikir itu melatih Anda. Ulangi langkah ini sebentar hingga iguana lebih terbiasa dengan tangan Anda.

  6. Ambil dan Pelihara Iguana Anda
    Sekarang cobalah untuk memelihara dan mengambil iguana. Jika iguana lebih kecil, maka menyendoknya di bawah perut sudah cukup, tetapi jika lebih besar, maka penyangga di bawah perut dan daerah panggul (perut bawah, ekor atas) akan diperlukan.

  7. Letakkan Iguana Anda Hanya Saat Tenang
    Cobalah untuk tidak menurunkan iguana sampai tenang. Ini akan membantunya belajar bahwa menjadi tenang adalah apa yang membuatnya tenang alih-alih berjuang. Jika iguana menjauh dari Anda, jangan panik dan mengejarnya β€” biarkan tenang, lalu dekati perlahan-lahan. Anda mungkin akhirnya harus mengejar iguana, tetapi ini sebaiknya dihindari jika memungkinkan. Jangan pernah meraih ekornya β€” iguana bisa menjatuhkan ekornya sebagai pertahanan dan Anda akan dibiarkan memegangi ekornya sementara iguana masih longgar.

  8. Masalah dan Perilaku Membuktikan
    Menjinakkan membutuhkan kepercayaan, dan ini adalah sesuatu yang tidak akan terjadi dalam semalam β€” kepercayaan harus diperoleh seiring waktu. Penanganan yang teratur, konsisten, dan lembut sangat penting untuk menjinakkan iguana dan menjaganya agar tetap jinak dan mudah dikendalikan saat mereka menjadi lebih besar.

Seiring iguana menjadi lebih menerima penanganan, Anda bisa lebih responsif terhadap suasana hatinya. Jika biasanya menerima penanganan tetapi tegang atau menandakan dengan bahasa tubuh bahwa itu tidak nyaman, maka Anda dapat menghargainya.