Analisis bisnis adalah teknik yang digunakan untuk menjadi penghubung antara stakeholder dalam memahami berbagai hal terkait struktur, kebijakan, dan operasi organisasi dan untuk dapat memberikan solusi yang memungkinkan supaya organisasi mencapai tujuannya. Analisis bisnis memahami bagaimana organisasi berjalan untuk mencapai tujuannya dan mendefinisikan kualitas organisasi dalam menyediakan produk dan layanan kepada stakeholder eksternal.
Ada beberapa teknik analisis bisnis yang dapat digunakan dalam memfasilitasi perubahan bisnis. Beberapa teknik tersebut adalah PESTLE, Heptalysis, STEER, MOST, SCOT, CATWOE, de Bono’s Six Thinking Hats, Five Whys, MoSCoW, VPEC-T, dan SCRS.
MOST Analysis adalah teknik analisis yang sangat terstruktur untuk menyediakan target kepada anggota tim di setiap tingkat organisasi dalam perencanaan strategis dan pengembangan strategi. Bekerja dari atas ke bawah, memastikan apakah organisasi fokus pada tujuan utama mereka. MOST Analysis ini dapat menciptakan komunikasi antara anggota pada tim yang sama dengan berdiskusi pada setiap tahapnya dalam membuat strategi untuk mencapai tingkat berikutnya pada target yang ingin dicapai. Dalam perannya, MOST Analysis ini membantu organisasi menggali misi sampai ke detailnya yaitu taktik dengan cara mengajukan pertanyaan. Hal ini berguna untuk memastikan bahwa hubungan misi sampai taktik tersebut logis. Analisis ini dapat diterapkan pada berbagai bidang bisnis, seperti penjualan dan pemasaran.
MOST Analysis ini terdiri dari 4 atribut, yaitu: 1. Mission (Misi)
Misi merupakan tujuan utama yang bersifat umum yang ingin dicapai oleh organisasi. Setiap organisasi pasti memiliki misi yang berbeda. Misi yang baik harus ambisius karena penting bagi kesuksesan bisnis ke depannya. Setelah misi ditetapkan, tujuan dapat dilakukan. Misi harus ditinjau ketika telah berhasil atau ditemukan kekurangan.2. Objectives (Tujuan) Setiap tujuan harus berkontribusi untuk kesuksesan misi dan mendorong proses strategi. Dengan tercapainya tujuan, maka akan memudahkan pula misi dapat tercapai. Tujuan harus Specific, Measurable, Achievable, Realistic, and Timely (S.M.A.R.T.), jika tidak seperti itu maka tujuan akan menjadi abu-abu dan sulit diterapkan.
3. Strategies (Strategi) Strategi adalah pilihan-pilihan yang mungkin dilakukan untuk mencapai tujuan. Strategi ini memberi keputusan untuk apa yang akan dilakukan dan bagaimana dapat dilakukan. Cukup kompleks, karena melibatkan banyak taktik dalam pencapaiannya menuju tujuan organisasi.
4. Tactics (Taktik) Taktik ini merupakan metode yang akan digunakan untuk melaksanakan strategi. Taktik yang baik harus simpel dan efektif, tidak kompleks. Dengan begitu, tahap strategi akan cepat dilewati sehingga tujuan bisa cepat selesai. Taktik mudah untuk dipahami dan dilakukan bahkan oleh orang-orang yang tidak memiliki gambaran besar dari MOST Analysis.
[details=Referensi]http://www.strategyconsultingltd.com/business-consulting/m-o-s-t-analysis-explained/
http://www.free-management-ebooks.com/news/most-analysis-mission-objectives-strategy-tactics/
Businss Analysis Courses & Training | QA
Business analysis - Wikipedia