Apa yang dimaksud dengan Competitor feature matrix?

Analisa kompetitor sangat diperlukan dalam memahami produk anda, terutama dilihat dari seberapa besar potensi pasar yang dapat diraih oleh produk anda. Setiap produk, baik produk baru maupun produk lama, pasti mempunyai kompetitor, oleh karena itu, dengan melakukan analisa kompetitor, anda dapat menilai seberapa unik produk anda dibanding dengan produk mereka dan fitur-fitur apa yang menjadi andalan produk anda sehingga bisa menarik target pasar produk anda.

Hal pertama yang dilakukan dalam analisa kompetitor adalah menentukan siapa kompetitor terkuat dan mem-profil kompetitor. Dalam mem-profil kompetitor produk anda, lakukan seoyektif dan sejujur mungkin, agar anda dapat menilai seberapa besar usaha yang harus anda keluarkan untuk dapat memenangkan persaingan nantinya.

Beberapa pertanyaan yang bisa digunakan untuk membantu mem-profil kompetitor anda antara lain :

  • Apa saja kekuatan dan kelemahan kompetitor anda ? Harga, fitur, kualitas, reliability, kemudahan dalam penggunaan, pelayanan, desain dan lain sebagainya.
  • Apa tujuan utama produk kompetitor anda ? Apakah mereka mempunyai tujuan menguasai seluruh pasar yang ada ? Apakah mereka menginginkan pengguna premium ?
  • Strategi pemasaran apa saja yang mereka lakukan ? Sosial media, koran, televisi atau lainnya ? Lihatlah bagaimana mereka memperkenalkan produk mereka ke pasar.
  • Bagaimana caranya anda dapat mengambil pasar mereka ?
  • Bagaimana tanggapan mereka apabila anda mengambil pasar mereka ?

Untuk lebih mudah dalam memahami kompetitor-kompetitor anda, buatlah sebuah matriks yang menggambarkan kondisi mereka saat ini, atau biasa disebut kompetitif matrik. Kompetitif matrik adalah sebuah bagan yang menggambarkan produk anda dengan produk kompetitor anda.

Contoh competitor feature matrix, Jim Dalglish

Setelah anda melakukan semuanya, sebaiknya anda mengelompokkan kompetitor-kompetitor anda kedalam dua kelompok besar yaitu Kompetitor utama dan Kompetitor kedua (secondary).

  • Kompetitor utama merupakan kompetitor yang akan hadapi secara langsung, head to head, dalam persaingan memperebutkan pasar yang sama.

  • Kompetitor kedua merupakan kompetitor yang mempunyai irisan dengan produk anda, dimana pasar produk anda beririsan dengan pasar produk mereka.